Sabtu, 07 Januari 2012

Elegi Mencocokan Teori dan Praktek

Assalamu’alaikum
Allah SWT. berfirman “Aku menganugerahkan al hikmah kepada siapa yang Aku kehendaki. Dan barangsiapa yang dianugerahi al-hikmah itu, ia benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak“ (QS.Al Baqarah (2) : 269). Ahli Hikmah ialah mereka yang dalam setiap detik dari hidupnya selalu bersungguh-sungguh meraih keutamaan–keutamaan amal sholeh sehingga semakin mengenal dan mendekati-Nya. Hati dan pikirannya benar-benar  selalu disibukkan oleh ikhtiar bagaimana agar ia dapat menyempurnakan amal-amalnya, baik yang fardhu maupun yang sunnah. Hari-harinya pun akan dihiasi dengan berjuang sekuatnya agar terhindarkan dari kesibukan karena urusan dunia.
Sedangkan bagi orang yang bersyukur Allah swt telah menjanjikan “Siapa yang bersyukur, maka nikmat Allah itu akan ditambah sebaliknya siapa yang kufur, maka azab-Nya teramat pedih “(Ibrahim (14 ) : 7). Ahli sedekah, selalu didoakan malaikat, seperti diterangkan oleh Rasulullah SAW “Setiap pagi dua malaikat turun dari langit. Malaikat yang satu berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti kepada orang yang bersedekah.’ Sedangkan malaikat yang satunya lagi berdoa,’ Ya Allah, berilah kerusakan kepada orang-orang yang menahan hartanya“. Lebih-lebih bagi mereka yang mampu berwakaf, pahalanya akan mengalir tiada terputus. Untuk umat pun alangkah besar manfaatnya.
Kemudian orang yang mengingkari nikmat Allah akan diberikan azab yang pedih di dunia dan akhirat. Dan Allah telah membuat suatu perumpamaan (dengan) sebuah negeri yang dahulunya aman lagi tenteram, rizkinya datang kepadanya melimpah ruah dari segenap tempat, tetapi (penduduk)nya mengingkari nikmat-nikmat Allah. Karena itulah Allah mengenakan kepada mereka pakaian kelaparan dan ketakutan, disebabkan apa yang selalu mereka perbuat. Dan sesungguhnya telah datang kepada mereka seorang rasul dari mereka sendiri, tetapi mereka mendustakannya. Karena itu, mereka dimusnahkan oleh azab Ilahi dan mereka adalah orang-orang yang zalim”.( an-Nahl ayat 112-113)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar