Minggu, 01 Januari 2012

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 22: Apakah Mat Kontradiktif (Jawaban utk Prof Sutarto Bgn Kesatu)

Ummi   Aisyah   11709251049 PMAT A PPS UNY 2011                                                  
Assalamu’alaikum
Pandangan tentang matematika dapat dibelah menjadi 2 (dua) saja. Pertama, memandang obyek matematika sebagai IDE dalam pikirannya (Absolutism-Idealism-Platonism); kedua memandang obyek matematika di luar pikirannya (Intuitionism-Realism-Aristotelianism).
Absolutism-Idealism-Platonism kemudian melahirkan Logicist-Formalist-Foundationlist. Sedangkan Realism-Relativism-Aristotelianism kemudian melahirkan Empiricism-Fallibism-SocioConstructivism. Yang saya sebut semua itu adalah masih dalam kategori sebagai the Philosophy yang menaungi baik Philosopher maupun Mathematician.  
Menurut saya untuk matematika sekolah yang signifikan adalah pandangan yang kedua, anak yang masih belum mengetahui konsep dan dan memiliki pemahaman tentang matematis alangkah baiknya bila diberikan kesempatan untuk membangun sendiri pengetahuannya, dan tugas guru membantu siswa supaya mampu meningkatkan kreativitas berpikirnya, bagaimana menghubungkan pengalamannya yang diperoleh sebelumnya sehingga menemukan pengalaman atau ide yang baru. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar