Assalamu’alaikum
Sangat setuju terhadap pendapatnya Ebbutt and Straker (1995)
mendefinisikan Matematika sebagai berikut:
1. Matematika adalah ILMU tentang penelusuran Pola dan Hubungan
2. Matematika adalah ILMU tentang Pemecahan Masalah (ProblemSolving)
3. Matematika adalah ILMU tentang Kegiatan Investigasi
4. Matematika adalah ILMU berkomunikasi.
Saya sependapat dengan bapak, bahwa matematika
sekolah harus mampu membawa anak untuk bisa membangun sendiri pengetahuannya
sesuai tingkat kreativitas berpikirnya, dan dari pengalaman – pengalaman yang
deperolehnya. Apabila anak disuruh
sekedar menghafal rumus, tanpa mengetahui dari mana diperoleh rumus tersebut
maka tkemudian mengerjakan soal dengan idak akan dapat membantunya untuk
belajar ke yang lebih tinggi lagi bentuk permasalahannya. Menghafal rumus
matematika tidak mungkin bisa dilakukan karena bentuknya sangat banyak .
Misalnya rumus trigonometri itu banyak sekali. Jika anak tidak memahami konsep
maka akan kesulitan untuk menghafalnya satu persatu sehingga anak tidak
tertarik untuk mengerjakan soal yang berhubungan dengan trigonometri. Jadi
supaya pendidikan matematika sekolah menyenangkan anak harus diberi kesempatan
untuk membangun sendiri pengetahuannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar