Minggu, 01 Januari 2012

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 20: Apkh Mat Kontradiktif? (Tanggapn utk Bu Kriswianti bgn kedua)

                                                
Assalamu’alaikum
Sangat setuju terhadap pendapatnya Ebbutt and Straker (1995) mendefinisikan Matematika sebagai berikut:
1. Matematika adalah ILMU tentang penelusuran Pola dan Hubungan
2. Matematika adalah ILMU tentang Pemecahan Masalah (ProblemSolving)
3. Matematika adalah ILMU tentang Kegiatan Investigasi
4. Matematika adalah ILMU berkomunikasi.

Saya sependapat dengan bapak, bahwa matematika sekolah harus mampu membawa anak untuk bisa membangun sendiri pengetahuannya sesuai tingkat kreativitas berpikirnya, dan dari pengalaman – pengalaman yang deperolehnya. Apabila anak  disuruh sekedar menghafal rumus, tanpa mengetahui dari mana diperoleh rumus tersebut maka tkemudian mengerjakan soal dengan idak akan dapat membantunya untuk belajar ke yang lebih tinggi lagi bentuk permasalahannya. Menghafal rumus matematika tidak mungkin bisa dilakukan karena bentuknya sangat banyak . Misalnya rumus trigonometri itu banyak sekali. Jika anak tidak memahami konsep maka akan kesulitan untuk menghafalnya satu persatu sehingga anak tidak tertarik untuk mengerjakan soal yang berhubungan dengan trigonometri. Jadi supaya pendidikan matematika sekolah menyenangkan anak harus diberi kesempatan untuk membangun sendiri pengetahuannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar