Kamis, 01 Desember 2011

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 2: Intuisi dalam Matematika (2)

aisyah.pmat@gmail.com said...
Seharusnya setiap guru matematika sampai pada tahap pengalaman (experience) matematika sehingga muncul dalam pribadinya intuisi matematika yang akan ditularkannya kepada peserta didiknya, tetapi kenyataannya para guru di Indonesia masih sangat minim yang melakukannya, bagaimana mungkin guru mau memperkaya mathematical intuition siswa- siswa sedangkan untuk dirinya sendiri belum terlaksana. Bahkan para pendidik merasa cukup menjelaskan dan mengerjakan soal – soal di buku yang dijual oleh para penerbit, akibatnya siswa tidak memahami konsep dalam matematika. Dengan tidak pahamnya konsep muncul rasa takut dalam diri siswa, apabila ia menemukan soal yang bentuknya berbeda dengan contoh yang diberikan oleh gurunya. hilang minat, semangat / motivasi untuk menyelesaikannya.UAN menjadi peristiwa yang menakutkan bagi guru dan siswanya, takut hasil yang diperoleh anak tidak mencapai SKL yang telah ditentukan. Karena takut tidak mencapai SKL maka kadang - kadang para guru dan siswa melakukan hal – hal yang tidak pantas dilakukan oleh seorang pendidik dan siswa. Kondisi pembelajaran seperti ini yang mesti di tingglkan karena merugikan para guru dan siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar