Sabtu, 31 Desember 2011

Forum Tanya Jawab 47: Surat Pembaca


Saya coba menanggapi dengan kemampuan saya yang terbatas
1.      Untuk anak yang mempunyai kemampuan matematika rendah di kelas (lower), lebih baik digabungkan dengan teman – temannya yang lain, karena ada kemungkinan dengan melihat teman – teman yang memiliki kemampuan lebih termotivasi untuk belajar lebih giat. Kadang – kadang juga ada anak yang tidak bisa belajar dengan guru tetapi bisa belajar dengan teman – temannya (tutor sebaya). Untuk mengantisipasi guru bisa memberikan bimbingan khusus diluar jam belajar dikelas baik berupa pengulangan materi pelajaran maupun memberikan motivasi sehingga anak tersebut merasa butuh dan senang dengan pelajaran matematika. Berikutnya juga guru bisa membentuk kelompok belajar anak yang solid diluar jam belajar.
2.       Dalam tehnik penilaian, sebaiknya tetap digunakan skala 0 -100
3.      Alokasi waktu 100 menit menurut saya sudah cukup, kalaupun ada penambahan anak – anak akan bosan dan lelah, karena belajar matematika diperlukan berpikir kreatif  dan ketelitian. Waktu yang ada selama 100 menit itu bagaimana guru mampu memberdayakannya sehingga tujuan dari pembelajaran bisa tercapai.
4.      Pada kelas 1-3 tidaklah masalah jika siswa masih menggunakan kisaran angka atau bilangan yang nilainya kecil, supaya konsepnya tersimpan dengan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar