Senin, 05 Desember 2011

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 11: Apakah Matematika Kontradiktif ? (Bagian Kesatu)

Aspek ontologi
Dalam versi filsafat normatif terdiri dari identitas dan bukan identitas(kontradiksi). Matematika oleh filsafat kontradiktif ketika memperhatikan ruang dan waktu, karena apabila dalam matematika tidak diperhatikan ruang dan waktu maka itu belum lengkap baru separo dunia.Sedangkan menurut kaum Logicist-Formalist-Foundationalist matematika itu konsisten, jika tidak konsisten maka itu matematika yang salah. Karena semua adalah demi kepentingan siswa maka mesti didiskusikan lagi dengan hati yang terbuka  
Aspek Estimologi
Versi filsafat dan kaum Logicist-Formalist-Foundationalist matematika mesti mencermati  secara bersama apa yang telah diterapkan selama ini dalam pembelajaran matematika, demi masa depan siswa
Aspek Aksiologi
Dengan  kesadaran para pemangku kebijakan di bidang pendidikan untuk bertindak arif dan menyatukan pendapat yang masuk akal atau koheren, maka matematika akan menjadi lebih terbuka, lengkap dan mampu mencakup seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar