Senin, 05 Desember 2011

Mempertemukan logika dan pengalaman untuk membangun filsafat

Logika merupakan sarana berpikir sistematis, valid, cepat, tepat dan dapat dipertanggungjawabkan. Berpikir logis dibutuhkan kondisi-kondisi tertentu seperti: mencintai kebenaran, mengetahui apa yang sedang dikerjakan dan apa yang sedang dikatakan, membuat perbedaan dan pembagian, mencintai defenisi yang tepat, dan mengetahui mengapa begitu kesimpulan kita serta menghindari kesalahan-kesalahan. Sedangkan pengalaman adalah suatu ilmu yang diperoleh seseorang dari aktivitas – aktivitas yang dilakukan, dirasakan, dan diamati semakin banyak beraktivitas, belajar, mengamati, mendengar maka akan semakin banyak pengalaman yang diperoleh. Setiap orang memiliki pengalaman yang berbeda, karena pada dasarnya Allah swt menciptakan setiap manusia itu berbeda antara satu dengan lainnya.
Orang yang telah bisa bersilsafat dengan benar kemungkinan dalam dirinya akan bisa berpikir secara komprehensif, memberi peran yang wajar kepada konsep, mendasar/radikal, konsisten / runtut, koheren atau masuk akal, sisstematis, bebas, dan bertanggung jawab. Sehingga dalam diri perlu dibangun filsafat yang benar. Pada hakekatnya dalam membangun filsafat yang benar, kita harus melakukannya secara menyeluruh, mendasar, dan bahkan spekulatif artinya sadar terhadap ruang dan waktu. Untuk mencapai ini semua dibutuhkan penalaran atau logika yang tinggi dan pengalaman dalam bidang tersebut, sehingga tidak terjebak dalam keputusan yang keliru. Jadi
Untuk mendapatkan pengetahuan yang benar harus mengacu pada logika dan pengalaman. Aristoteles menegaskan ada dua cara untuk memperoleh kebenaran yang sah dan baru yaitu metode rasional –deduktif dan metode empiris –induktif . Dalam metode rasional deduktif dari dua premis yang ada dan benar , ditentukan kesimpulan yang berupa pernyataan ketiga yang diperoleh dari dua premis yang ada. Cara mengambil kesimpulan yang seperti ini disebut silogisme , yang merupakan fondasi penting dalam logika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar