Senin, 05 Desember 2011

Elegi Ritual Ikhlas I: Persiapan teknis

Aspek Ontologi
Orang yang ikhlas akan melaksanakan ibadat dengan benar, panduannya  Kitab Suci atau Firman Allah SWT, dan sunah Rasulullah SAW. Ibadah yang benar dimulai dengan meluruskan niat, melaksanakan seluruh syarat dan rukunnya, beserta yang sunnah, serta dilakukan dengan khusuk. Manusia tidak akan mampu beribadah tanpa bantuannya, tanpa petunjukNya, maka mohon selalu kepada Allah agar diberikan kemudahan untuk beribada kepadaNya dengan sebaik – baiknya, Dakwahilah orang – orang yang ada disekitarmu, karena wajib bagimu saling mengingagtkan dalam hal kebaikan. Hindarilah yang tidak bermanfaat dan subhat karena ia akan menghalangimu untuk melakukan kebaikan. Makan dan minum secukupnya agar mampu untuk beribadah dengan baik. DihadapanNya semua manusia itu sama, hanya taqwalah dan keikhlasan yang membedakannya.

Aspek Estimologi
Ibadah yang benar akan menuntun pelakunya senantiasa dalam keridhoanNya, pada sujud yang terakhir dalam sholat, mohonlah selalu kepadaNya “ ya Allah berikan aku kemudahan untuk beribadah kepadaMu dengan sebaik – baiknya” Jadilah tauladan bagi orang lain dalam segala hal.  

            Aspek Aksiologi
            Teladanilah Abd Rohman bin Auf, kecintaannya kepada Allah, kezuhutannya, dakwahnya  luar biasa,  Beliau adalah sahabat Rasulullah yang sangat kaya raya,  keserhanannya yang membuat orang – orang tidak bisa membedakannya yang mana Abd Rohman bin Auf  dan yang mana budaknya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar