Senin, 05 Desember 2011

TANYA JAWAB TENTANG IKHLAS

Aspek Ontologi
Al-Haris al-Muhasibi, salah seorang sufi besar, mengatakan:”Yang disebut dengan Ikhlas adalah apa yang engkau kehendaki dari amalmu tiada lain karena ketaatan kepada-Nya”.menurut saya inilah ikhlas yang paling tinggi tingkatannya, jadi orang yang beramal berharap masuk surga-Nya dan takut akan neraka-Nya belum termasuk ikhlas yang paling tinggi. Riya adalah salah satu penyakit hati, yang hanya bisa diobati dengan berserah diri kepada Allah yang berhak untuk dipuji karena keagungannya, riya mesti dihilangkan dalam diri, karena riya bisa mengikis habis nilai dari ibadah yang dilakukan dan iblis akan kegirangan karena berhasil merusak nilai ibadah Nauzu billahi min dzalik.

Aspek Estimologi
Niat yang benar dan ikhlas syarat dalam beribadah, dalam hadis Rasululloh dijelaskan bahwa “Perbuatan baik yang kita lakukan akan menumbuhkan perbuatan baik yang baru, dan sebaliknya perbuatan yang buruk akan melahirkan perbuatan buruk yang baru” oleh karena itu bersegeralah berbuat ikhlas karena Allah, dan meninggalkan riya karena Allah, agar selamat dunia dan akhirat.

Aspek Aksiologi
Berbuatlah dengan ikhlas dalam setiap perbuatan dan amal, hindarilah riya,  sehingga iblis tidak dapat mengambil bagian dari ibadah yang dilakukan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar