Aspek Ontologi
Architectonic Mathematics adalah siswa membangun
sendiri pemahamannya, merancang, menentukan pola, sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Siswa
menggunakan logika dan pengalamannya sendiri sehingga dengan sendirinya
pemahaman matematika terkonstruksi dalam dirinya. Architectonics mathematics pada dasarnya
adalah pikiran siswa itu sendiri. Architectonics mathematics tidak singular,
akan tetapi plural.
Aspek Epistemologi
Proses siswa merancang, menggambar, menentukan pola yang tepat diperoleh dari logika, nalar, dan pengalaman siswa yang sudah terkonstruksi sebelumnya. Dalam hal ini dengan terus – menerus mengkonstruksi sendiri siswa bersama teman – temannya akan menemukan konsep – konsep baru dalam belajar matematika.
Aspek Aksiologi
Dengan logika dan nalar yang tinggi maka
pengalaman belajar yang tinggi akan terbentuk dalam diri siswa, dan sangat
bermanfaat dalam kehidupannya baik ketika sista tersebut mau melanjutkan ke
perguruan tinggi maupun langsung terjun dalam dunia kerja.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar