Senin, 05 Desember 2011

Elegi Pemberontakan Pendidikan Matematika 3: Budaya Matematika Menghasilkan Mathematical Intuition

Budaya adalah hasil cipta karya manusia, matematika termasuk hasil karya manusia. Jadi matematika adalah budaya yang harus dilestarikan karena dibutuhkan oleh manusia dari zaman dahulu sampai diakhir dunia. Oleh karena itu membudayaka matematika adalah tanggung jawab semua pihak, sekolah, guru, dan masyarakat (orang tua).  Sekolah dan guru elaku yang bertanggung jawab membudayakan matematika semestinya tidak hanya menekankan pada aspek kognitif saja, tetapi harus dilengakpi dengan afektifnnya, sehingga rasa senang atau kecintaan matematika muncul dalam diri siswa. Tugas ini merupakan tugas yang sangat berat bagi guru. Secara mikro, peranan metodologis didaktis guru dengan segala kiat yang digunakan akan cukup menentukan seberapa jauh sisi afektif siswa terhadap matematika bias diaktifkan dalam proses pembelajaran sehingga menggugah dan membangkitkan penghayatan terhadap matematika itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar